Pada artikel sebelumnya saya membahas tentang tujuan dari kegiatan pemasaran. Kali ini saya akan memaparkan tentang apa perbedaan dari konsep penjualan dengan konsep pemasaran?.
Saya jadi teringat pada seorang Dosen Pemasaran di Universitas Haluoleo, beliau mengatakan bahwa konsep penjualan berorientasi pada laba besar tapi tidak mementingkan kepuasan konsumen,sedangkan konsep pemasaran berorientasi pada laba atas kepuasan konsumen. Saya akan menjelaskan lebih rinci akan permasalahan tersebut.
Konsep Penjualan
Konsep penjualan adalah orientasi manajemen yang menganggap konsumen akan melakukan atau tidak melakukan pembelian produk-produk perusahaan didasarkan atas pertimbangan usaha-usaha nyata yang dilakukan untuk mendorong minat akan produk tersebut. Secara implisit pandangan konsep penjualan adalah:
- Konsumen mempunyai kecenderungan normal untuk tidak membeli produk yang tidak penting
- Konsumen dapat didorong untuk membeli lebih banyak melalui berbagai peralatan atau usaha-usaha yang mendorong pembelian
- Tugas organisasi adalah untuk mengorganisasi bagian yang sangat berorientasi pada penjualan sebagai kunci untuk menarik dan mempertahankan langganan.
Konsep Pemasaran
- Perencanaan dan operasinya berorientasi pada kebutuhan dan keinginan pelangan atau konsumen.
- Semua aktivitas pemasaran dilakukan secara terpadu (integrated marketing).
- Tujuan akhirnya adalah memenuhi atau mencapai tujuan perusahaan dan berusaha memberikan kepuasan semaksimal mungkin pada pelanggan.
Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran
Pusat perhatian
|
Prosedur & Alat
|
Hasil akhir
|
Konsep penjualan
| ||
Produk
|
Penjualan dan promosi
|
Laba melalui jumlah penjualan
|
Konsep pemasaran
| ||
Kebutuhan
|
Pemasaran terpadu
|
Laba melalui kepuasan pembeli
|
- Titik tolak konsep penjualan adalah pada produk,sedangkan pada konsep pemasaran adalah pada kebutuhan dan keinginan konsumen
- Konsep penjualan dilakukan dengan kegiatan penjualan dan promosi yang gencar,sedangkan konsep pemasaran dengan pemasaran yang terpadu
- Tujuan akhir konsep penjualan adalah laba melalui volume penjualan yang tinggi,sedangkan konsep pemasaran adalah laba melalui kepuasan konsumen
Mantapp...
BalasHapusSilahkan di kembangkan biar lebih menarik :D
Thanks Gan..
BalasHapusterima kasih, artikelnya sangat bermanfaat
BalasHapus