Kamis, 11 Oktober 2012

Perbedaan Pemimpin dan Pimpinan

Assalamualaikum mas-mba bro..
Maaf sebelumnya apabila proposisi ini kurang sependapat dengan anda. Saya hanya mencoba memaparkan dari apa yang saya ketahui tentang hal ini.
Sebelum tahu dan mengerti  perbedaan dari Pemimpin dan Pimpinan, saya hampir tidak bisa mengutarakan kepada teman2 akan perbedaan itu, bahkan sering saya anggap dua kata itu mempunyai makna yang sama.

Dan akhirnya saya mendapat bayangan akan perbedaan itu dari dosen di Kampus Universitas Haluoleo Kendari. Sehingga dapat saya simpulkan bahwa :

Pimpinan  : Seseorang yang memimpin suatu aktivitas fungsional dalam suatu perusahaan atau instansi berdasarkan pengangkatan. Setiap fungsional memiliki satu pimpinan, contoh Manajer produksi. jadi, secara umum aktivitas fungsional dalam perusahaan adalah, keuangan, produksi, pemasaran, dan SDM  mempunyai pimpinan masing-masing.


Pemimpin : Seseorang yang berada di atas Pimpinan, dan diangkat berdasarkan kepercayaan dan keyakinan suatu kelompok. jadi Pemimpin lebih tinggi daripada Pimpinan. Contohnya adalah Direktur utama dalam perusahaan dan Presiden dalam Pemerintahan.

Demikian proposisi saya tentang perbedaan Pemimpin dan Pimpinan, semoga menjadi pengetahuan baru bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Belajar Bahasa Inggris