Minggu, 28 April 2013

Perencanaan Strategi Pemasaran Jasa

Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pemasaran jasa yaitu : Analisis pasar sasaran, dan Perencanaan Jasa (Bruce J. Walker,1987) :


1. Analisis Pasar Sasaran
Pertama kita harus menetapkan pasar sasaran dan memilih pasar sasarannya. Sebagaimana halnya dalam pemasaran produk, maka faktor-faktor yang penting yang perlu diperhatikan adalah :

  • Bagaimana motif pembelian dilakukan
  • Kapan, dimana, dan bagaimana pelanggan membeli
  • Siapa yang membeli dan siapa yang mengambil keputusan membeli
  • Bagaimana sikap pembeli, pandangan kepribadian dan sebagainya.
2. Perencanaan Jasa
Perencanaan produk dan pengembangan sangat penting dalam program pemasaran jasa. Beberapa pertanyaan harus dapat dijawab oleh para pengelolah :
  • Jasa apa yang akan ditawarkan
  • Berapa luasnya dan bagaimana bauran jasa yang dikembangkan itu
  • Bagaimana bentuk posisi jasa yang akan dikembangkan
  • Apa atributnya, mereknya, kemasanya dan kualitas yang dapat memberikan jaminan.

Sekian dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Belajar Bahasa Inggris